All for Joomla The Word of Web Design

Kilas Balik Safari ETMC Rombongan Kabupaten Kupang di Malaka

Wakil Bupati Kabupaten Kupang, Jerry Manafe (kanan) dan Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Yosef Lede tampil gagah dengan balutan pakaian adat khas Malaka.

Oleh : Sipri Klau

Kamis tanggal 4 Juli 2019 sekitar Pukul 15.30 WITA, suasana di hotel Cinta Damai Betun, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT, berubah menjadi ramai. Tamu dari berbagai daerah di NTT hadir di kota terselatan Pulau Timor itu untuk mengikuti even olahraga bergengsi sepak bola El Tari Memorial Cup (ETMC) tahun 2019.

Di antara para tamu itu ada rombongan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang yang dipimpin Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe dan Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Yosef Lede.

Turut hadir, Asisten III Setda Kabupaten Kupang, Jemy Ully, Kadis Pora Kabupaten Kupang, Sepri Lau, Sekretaris Satpol PP Kabupaten Kupang, Ricky Djo, Kabag Humas Setda Kabupaten Kupang, Martha Paraede beserta staf dan staf Keprtokolan.

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe dan Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Yosef Lede beserta rombongan diterima secara ramah oleh perwakilan Pemkab Malaka dan mendapat prioritas untuk menginap di hotel Cinta Damai, Betun.

Setelah beristirahat beberapa jam, pada Pukul 18.00 WITA, Wakil Bupati Kupang dan rombongan harus bersiap untuk mengikuti Welcome Party ETMC yang diselenggarakan di lapangan umum Betun.

Malam itu, Jerry Manafe dan rombongan Kabupaten Kupang serta rombongan dari daerah lain menikmati suguhan tarian khas Malaka, bidu dan likurai. Suasana malam itu sungguh mengesankan bagi setiap tamu dan undangan yang hadir.

Sekitar Pukul 22.00 WITA, rombongan harus kembali ke hotel untuk beristirahat. Sebab keesokan harinya, Jerry Manafe dan Yosef Lede harus melawat tim sepak bola, Persatuan Sepak bola Kabupaten Kupang (PSKK) yang sudah terlebih dahulu hadir di Malaka.

Tim PSKK Kabupaten Kupang

Tim PSKK menginap di wilayah Kecamatan Kobalima yang terletak sekitar tiga kilo meter dari hotel tempat rombongan menginap.

Keesokan harinya, Jumat (5/7/2019), Pukul 12.00 WITA, Jerry Manafe dan Yosef Lede didampingi Jemy Ully dan Sepri Lau dan staf Protokoler Setda Kabupaten Kupang mengunjungi tim PSKK di penginapan.

Dalam kunjungan itu, Wabup Jerry, Yosef Lede, Jemy Ully dan Sepri Lau bergantian memberi semangat bagi tim kesayangan Kabupaten Kupang itu.

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe (kaca mata) dan Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Yosef Lede (bertopi) didampingi Asisten II Setda Kabupaten Kupang, Jemy Ully (kedua/kiri) dan Kadis Pora Kabupaten Kupang, Sepri Lau (pertama/kanan), pemgurus Askab Kabupaten Kupang, Oscar Lape (pertama/kanan) dan Camat Kobalima, Kabupaten Malaka.

Yosef Lede bahkan berjanji akan memberi bonus Rp 1 juta untuk setiap gol yang dilesakan PSKK Kabupaten Kupang ke gawang lawan.

Di hadapan tim pelatih dan pemain sepak bola PSKK, Jerry Manafe berjanji dalam tahun 2019 ini, Pemkab Kupang akan mulai membangun gedung olahraga dan stadion sepak bola di Kabupaten Kupang.

Bahkan Jerry berjanji, Pemkab Kupang akan menyelenggarakan even sepak bola Bupati Kupang Cup sebagai ajang pencarian bakat pesepakbola masa depan Kabupaten Kupang.

Dengan semangat dan gaya guyonnya yang khas, Jerry memberi semangat bagi tim pelatih dan para pemain PSKK. Usai memberi motivasi, Jerry dan rombongan harus kembali ke hotel.

Setelah beristirahat beberapa jam, pada Pukul 16.00 WITA, Jerry Manafe dan Yosef Lede dan rombongan harus bersiap untuk mengikuti rangkaian acara jamuan makan malam yang diselenggarakan Pemkab Malaka di Rumah Jabatan Bupati Malaka dan upacara pembukaan ETMC di lapangan umum Betun sekaligus pertandingan perdana PSKK Kabupaten Kupang VS Persemal Malaka.

Rangkaian acara jamuan makan malam dan pembukaan ETMC itu dihadiri juga oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, Wakil Gubernur NTT, Yoseph A. Naesoi, Ketua DPRD Provinsi NTT, Anwar Pua Geno dan Frans Lebu Raya, mantan gubernur NTT serta sejumlah Bupati dan Wakil Bupati dari Pulau Flores, Sumba, Alor, Sabu Raijua, Rote Ndao dan daratan Pulau Timor.

Uniknya, usai jamuan makan malam, atau sesaat sebelum upacara pembukaan ETMC dimulai, seluruh tamu undangan dikenakan pakaian adat khas Malaka.

Tak terkecuali, Jerry Manafe dan Yosef Lede beserta rombongan Kabupaten Kupang juga dikenakan pakain adat dan destar khas Malaka. Penampilan Jerry dan Yosef Lede terlihat tampan dengan balutan pakaian adat dan destar bermotif Malaka.

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe dan Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Yosef Lede dalam balutan pakaian adat khas Malaka.

Setelah jamuan makan malam selesai, rombongan tamu undangan berarak dari rumah jabatan Bupati Malaka menuju lapangan umum Betun untuk memulai upacara pembukaan ETMC 2019.

Suasana pembukaan even olahraga sepak bola bergengsi  ETMC 2019 di Kabupaten Malaka.

Upacara pembukaan ETMC berlangsung meriah. Ribuan penari likurai asal Malaka tampil memukau di hadapan para tamu undangan dan ribuan masyarakat dari berbagai daerah yang hadir pada momentum bersejarah itu.

Jerry Manafe dan Yosef Lede terlihat sangat menikmati suguhan seluruh rangkaian acara dalam perhelatan olahraga bergengsi dua tahunan itu.

Wakil Bupati Kabupaten Kupang, Jerry Manafe (kedua/kanan) dan Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Yosef Lede (kedua/kiri) foto bersama beberapa kepala daerah dan wakil kepala daerah lainnnya sedang menikmati suguhan rangkaian acara pembukaan ETMC 2019.

Usai upacara pembukaan ETMC, dialanjutkan dengan pertandingan antara PSKK Kabupaten Kupang dan Persemal Malaka.

Jerry Manafe dan Yosef Lede turut menyaksikan pertandingan perdana ETMC itu. Kedua tokoh penting Kabupaten Kupang ini terlihat terus memberi semangat bagi para pemain PSKK dari pinggir lapangan.

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe (tengah/duduk) sedang memotivasi tim PSKK Kabupaten Kupang dalam pertandingan melawan Persela Malaka.

Meskipun sudah berjuang namun anak-anak PSKK harus menerima kekalahan 2-0 untuk Persemal Malaka. Usai pertandingan, rombongan Kabupaten Kupang harus kembali ke hotel.

Setelah mengikuti rangkaian kegiatan yang cukup melelahkan pada keesokan harinya, Sabtu (6/7/2019) pagi, rombongan Kabupaten Kupang harus berkemas. Sebab pagi itu adalah waktu untuk kembali ke Kupang. Sekitar Pukul 8.30 WITA, semua anggota rombongan terlihat sudah siap di depan hotel.

Jerry Manafe dan Yosef Lede beserta Jemy Ully dan Sepri Lau juga terlihat sudah siap.

Mobil pengawal dari Satpol PP Kabupaten Kupang terlihat mengambil posisi terdepan dalam iring-iringan kendaraan rombongan Kabupaten Kupang.

Saat itu rombongan memutuskan untuk menempuh jalan darat melalui wilayah Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan yang terkenal dengan panorama wisata pantainya yang memukau.

Perjalan pagi hari itu sungguh menyenangkan. Betapa tidak. Rombongan harus melintasi pinggir pantai selatan, Kolbano. Suguhan panorama pantai selatan dengan buih ombaknya yang bergulung sungguh menakjubkan setiap mata yang memandang.

Setelah menempuh perjalanan sekitar dua setengah jam lamanya, rombongan beristirahat sejenak sambil menikmati sajian makanan khas berselera ala Kolbano di sebuah depot yang terletak pas di tepi pantai Kolbano. Usai makan bersama, perjalanan kembali dilanjutkan.

Sejam kemudian, rombongan harus beristirahat lagi di lokasi wisata pantai Kolbano. Waktu untuk istirahat kali ini digunakan sebaik mungkin oleh anggota rombongan untuk berfoto ria di spot-spot terbaik di pantai itu.

Tak ketinggalan, Jerry Manafe dan Yosef Lede berfoto selfie bersama. Dua tokoh politik beda partai itu terlihat sangat akur. Bahkan Wabup Jerrry terdengar sesekali mengusili Yosef Lede yang juga sangat suka humor.

Wakil Bupati Kabupaten Kupang, Jerry Manafe (kanan) berfoto selfie bersama Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Yosef Lede di pantai Kolbano.

Suasana keakraban antara Jerry Manafe dan Yosef Lede itu disaksikan semua anggota rombongan penuh canda tawa.

“Semoga kemesraan antara dua pemimpin ini janganlah cepat berlalu,” ujar salah satu anggota rombongan yang turut menyaksikan suasana keakraban itu.

Suasana keakraban Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe dan Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Yosef Lede di pantai Kolbano.

Wartawan media ini yang turut serta dalam perjalanan rombongan juga turut menyaksikan suasana keakraban dua pemimpin itu.

Usai menikmati panorama pantai Kolbano, rombongan kembali melanjutkan perjalanan ke Kupang. Sekitar Pukul 14.00 WITA, rombongan tiba di Kupang dan kembali bertemua keluarga dengan keadaan selamat. (*)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password