All for Joomla The Word of Web Design
breaking news New

Wakil Bupati Kupang Nyatakan Perang Lawan Sampah di Kabupaten Kupang

Wakil Bupati Kabupaten Kupang, Jerry Manafe

OELAMASI,JURNALNTT.COM – Wakil Bupati Kabupaten Kupang, Jerry Manafe siap memerangi sampah di wilayah Kabupaten Kupang. Beberapa wilayah di sepanjang Jalan Timor Raya, mulai dari Kelurahan Tarus, Kecamatan Kupang Tengah hingga Camplong, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang akan menjadi target utama dalam perang melawan sampah ini.

Komitmen Jerry ini disampaikan kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (11/7/2019).

Menurut Jerry, sampah yang berserakan di sepanjang Jalan Timor Raya, mulai dari Tarus hingga camplong, sebagian besar merupakan sampah plastik yang dibuang oleh oknum pengguna jalan raya yang belum sadar membuang sampah.

Selain sampah plastik yang dibuang di jalan raya, ada juga sampah lain yang sering dibuang di wilayah Oenaek, Camplong oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan mobil truck.

Terhadap oknum-oknum yang sering membuang sampah dengan kendaraan di lokasi Oenaek Jerry mengimbau kepada masyarakat agar menghentikan kendaraan pengangkut sampah tersebut dan meminta oknum pembuang sampah memuat kembali sampah yang dibuang.

“Saya himbau kepada masyarakat agar jika mendapat oknum-oknum yang membuang sampah di sekitar Oenaek supaya kendaraannya ditahan dan sampah yang sudah dibuang dimasukan kembali ke dalam kendaraan. Ini instruksi saya,” tegas Jerry.

Jerry juga mengaku, mendapat penyampaian dari Gubernur NTT, Viktor Laiskodat terkait adanya sampah yang berserakan di sepanjang Jalan Timor Raya, mulai dari Tarus hingga Camplong.

“Dalam perjalanan ke Kabupaten Malaka, Pak Gubernur bilang ke saya bahwa Pak Wakil Bupati, itu kelihatannya dari Oenaek sampai pasar Tarus banyak sampah,” jelasnya.

Terhadap penyampaian gubernur itu, Wabup Jerry mengaku langsung berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup, para camat, lurah dan kepala desa.

Usai koordinasi, ditetapkan bahwa Jumat (12/7/2019), para camat, lurah dan kepala desa di wilayah Kabupaten Kupang mulai menggalakan kegiatan perang melawan sampah ini.

“Jadi tidak hanya untuk hari Jumat besok ini tapi seterusnya setiap hari Jumat para camat, lurah dan kepala desa harus memimpin masyarakat untuk perang melawan sampah di wilayahnya masing-masing,” tegasnya.

Selain itu, dalam upaya memerangi sampah ini, Jerry berjanji dalam tahun ini Pemkab Kupang melalui dinas teknis akan segera mengadakan tong sampah di beberapa titik rawan sampah seperti Pasar Pariak di Tarus, Pasar Oesao dan Pasar Lili di wilayah Camplong.

Ia juga akan menggalakan program bebas sampah plastik dengan mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan kantong plastik saat berbelanja.

Masyarakat dihimbau untuk menggunakan anyaman daun lontar atau sejenisnya sebagai kantong belanjaan. (epy).

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password