All for Joomla The Word of Web Design
breaking news New

Tumbuhkan Semangat Kompetisi dan Kecerdasan Anak Melalui Lomba Cepat Tepat

Kondradus Y. Klau, S.Pd, M.Sc, Dosen Matematika - Satatistika Universitas Timor

Pernahkah anak/adik/saudara Anda setingkat SMP/MTs mengikuti suatu lomba atau kompetisi tertentu? Jenis lomba apa yang pernah diikuti?

Setiap tahun biasanya suatu sekolah atau lembaga tertentu mengadakan perlombaan atau kompetisi. Dalam perlombaan-perlombaan tersebut anak akan diuji kemampuannya.

Disadari atau tidak, ternyata banyak manfaat yang didapat saat anak mengikuti suatu lomba atau kompetisi. Mereka diajarkan untuk mempunyai jiwa berkompetisi.

Di dalam perlombaan tertentu ada persaingan, dan tentu setiap peserta akan berusaha sebaik-baiknya untuk memenangkan perlombaan.
Berikut beberapa manfaat mengikuti lomba cepat tepat bagi anak SMP/MTs
Pertama: Menumbuhkan semangat berkompetisi.

Anak akan memahami bahwa ada menang dan kalah dalam setiap perlombaan. Oleh karena itu, setiap peserta akan berusaha untuk memenangkan sebuah perlombaan.

Pada titik inilah timbul jiwa berkompetisi agar menjadi pemenang.
Kedua: Menjadikan anak kreatif dan inovatif.

Setiap perlombaan membutuhkan kemampuan dan kreativitas agar menjadi pemenang. Dalam lomba cepat tepat matematika, misalnya anak akan berusaha mengaktualisasikan kemampuan matematikanya dengan cepat untuk mencapai hasil yang tepat.
Ketiga: Meningkatkan kecerdasan dan ketangkasan.

Perlombaan seperti lomba cepat tepat matematika membutuhkan kecerdasan dan ketangkasan seperti lomba cepat tepat Matematika. Anak dituntut ketangkasan untuk menyelesaiakan soal-soal dengan cepat dan tepat.Anak pun dilatih untuk menjadi cepat tanggap.

Keempat: Meningkatkan kecerdasan.

Kemampuan atau kecerdasan seseorang diuji dengan mengikuti perlombaan atau kompetisi.

Dengan seringnya anak mengikuti perlombaan otomatis kecerdasannya akan meningkat.

Kelima: Mengukur kemampuan belajar.
Dalam kompetisi matematika anak akan mengetahui seberapa besar kemampuannya dibidang matematika.

Dengan mengikuti perlombaan atau kompetisi kemampuan anak akan teruji.
Keenam: Meningkatkan rasa percaya diri.

Semakin sering mengikuti perlombaan anak akan semakin percaya diri. Karena anak terbiasa tampil di hadapan banyak orang.

Mereka disaksikan banyak pasang mata dan memungkinkan mereka memiliki rasa percaya diri.

Ketujuh: Melatih kekompakan.

Lomba yang dilakukan secara berkelompok atau tim seperti lomba cepat tepat, menuntut kerjasama baik antar anggota kelompok. Kekompakan pun sangat dibutuhkan di dalam perlombaan tersebut.

Selain manfaat-manfaat di atas, kegiatan lomba cepat tepat memungkinkan anak mendapatkan teman baru dan banyak belajar dari teman tersebut. Betapa tidak, mereka akan banyak bertemu banyak pesaing dari sekolah lain. Hal ini membuka peluang anak mendapatkan banyak teman baru.

Singkatnya, dalam sebuah perlombaan semisal lomba cepat tepat anak dijarkan untuk membangun karakter dan mental berkompetisi.

Keseringan mengikutsertakan anak dalam berbagai jenis lomba menjadikan anak semakin bertambah wawasan demi kemajuan kemampuan akdemiknya.

Semoga bermanfaat.

Dari berbagai sumber.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password