All for Joomla The Word of Web Design
breaking news New

CIS Timor dan Care Internasional Usulkan Pengarusutamaan Gender Dalam RPJMD Kabupaten Kupang

Suasana Rapat Konsultasi Publik tentang dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) di Kantor Bupati Kupang, Kamis (9/5/2019). Foto : Sipri Klau

OELAMASI,JURNALNTT.COM – Perkumpulan Relawan CIS Timor dan Care Internasional Indonesia mengusulkan pembuatan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengarusutamaan Gender (PuG) dan Perda tentang Perlindungan Perempuan dan Anak serta Disabilitas di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan bidang pemerintahan di Kabupaten Kupang.

Usulan itu disampaikan dalam rapat konsultasi publik tentang dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) di Kantor Bupati Kupang, Kamis (9/5/2019).

Kepada wartawan usai rapat konsultasi publik tentang dokumen KLHS tersebut, Koordinator Divisi Pembangunan Inklusi CIS Timor, Lusia Carningsih Bunga, mengatakan, KLHS merupakan dokumen awal penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kupang.

Lusia Carningsih Bunga (tengah) sedang diwawancarai wartawan.

Menurutnya, dalam rapat konsultasi publik yang dihadiri pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), akademisi, LSM dan pihak perbanakan itu membahas sejumlah isu strategis di bidang sosial, lingkungan hidup, hukum dan ekonomi.

Beberapa usulan mengemuka dalam rapat konsultasi itu yakni tentang air, pengembangan program peternakan, pangan dan ekowisata.

Lusia menjelaskan, dalam rapat konsultasi publik tersebut, CIS Timor mengusulkan pengarusutamaan gender di setiap OPD dan bidang kerja pemerintahan Kabupaten Kupang.

Menurutnya, pengarusutamaan gender di bidang ketenagakerjaan dan ekonomi bisa berpengaruh pada upah yang bisa diterima oleh pekerja perempuan sebanding dengan upah yang diterima pekerja laki-laki.

Selain itu pengarusutamaan gender di bidang pertanian, misalnya alat pertanian yang diberikan kepada kelompok kerja perempuan harus sama dengan alat pertanian yang diterima oleh kelompok kerja laki-laki.

“Sebab sudah ada instruksi Presiden tentang pengarusutamaan gender ini,” jelasnya.

Selain itu, CIS Timor dan Care juga mengusulkan terkait data terpilah yakni terkait pembentukan bank data.

“Jadi harus ada bank data yang terpusat dari semua OPD-OPD itu menjadi satu data Kabupaten Kupang sehingga bisa terpadu melihatnya,” ujarnya.

Namun menurutnya proses pembentukan bank data ini terkendala ketersediaan data. (epy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password